+ Huruf Lebih Besar | -Huruf Lebih Kecil

WELCOME

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas diluncurkannya Weblog ROHIS SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung. Mengingat begitu cepatnya perkembangan IPTEK khususnya dibidang...

Kamis, 15 Oktober 2015

Ucapkanlah Assallamu'allaikum Dengan Utuh Dan Benar


Assalamu'alaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) adalah salam dalam bahasa Arab, dan digunakan dalam kultur Muslim.
Salam ini adalah sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia. Mengucapkan salam ini hukum nya adalah sunnah , namun bagi yg mendengarnya hukumnya wajib untuk menjawab.

    Di Indonesia sendiri yang mayoritas penduduknya adalah Muslim maka salam ini sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun dari media elektronik , namun entah mengapa seiring berjalan nya waktu salam ini sering di ubah-ubah atau di singkat padahal salam itu sendiri artinya sangat baik.
kita akan membahas mengapa kita tidak boleh sembarangan  menyingkat salam.


Sekali lagi "Assalamu'alaikum " jangan di singkat lagi
INILAH ARTINYA JIKA DI SINGKAT

1. As = orang bodoh ; Keledai
2. Ass = pantat
3. Askum = celakalah kamu
4. Assamu = racun
5. Samlekum = matilah kamu
6. Salom / Syalom = dari bahasa ibrani untuk sesama kristen dan ada 263 kata di dalam kitab perjanjian lama dan perjanjian baru
7. Mikum = dari bahasa ibrani yang berarti mari bercinta

    Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Hasyr Ayat 23: Dialah allah, tidak ada ilaah (sesembahan) yang layak kecuali Dia, Maha Rajadiraja, yang Maha Suci, Maha Sejahtera, Maha Mengaruniai rasa aman, Maha Memelihara, Maha Perkasa, Maha Kuasa, Maha Memiliki segala keagungan. Maha Suci Allah dari segala yang mereka persekutukan.

  Di dalam ayat ini, As-Salaam (Maha Sejahtera) adalah satu dari Nama-nama Agung Allah SWT. Kini, Kita akan mencoba untuk memahami makna, keutamaan dan penggunaan kata Salam.

  1. Salam bukan sekedar ungkapan kasih-sayang, tetapi memberikan juga alasan dan logika kasih-sayang yang diwujudkan dalam bentuk doa pengharapan agar anda selamat dari segala macam duka-derita. Tidak seperti kebiasaan orang Arab yang mendoakan untuk tetap hidup, tetapi Salam mendoakan agar hidup dengan penuh kebaikan.
  2. Salam mengingatkan kita bahwa kita semua bergantung kepada Allah SWT. Tak satupun makhluk yang bisa mencelakai atau memberikan manfaat kepada siapapun juga tanpa perkenan Allah SWT.
  3. Perhatikanlah bahwa ketika seseorang mengatakan kepada anda, "Aku berdoa semoga kamu sejahtera." Maka ia menyatakan dan berjanji bahwa anda aman dari tangan (perlakuannya), lidah (lisannya), dan ia akan menghormati hak hidup, kehormatan, dan harga diri Anda.
  Ibnu Al-Arabi di dalam Ahkamul Quran mengatakan:
"Tahukah kamu arti Salam? Orang yang mengucapkan Salam itu memberikan pernyataan bahwa kamu tidak terancam dan aman sepenuhnya dari diriku. "
  Jadi, apakah anda masih mau menyingkat salam setelah tahu artinya jika disingkat?

0 komentar:

Posting Komentar

1. Jika Anda ingin berkomentar dengan menggunakan Account E-Mail Anda, silahkan pilih Profile E-Mail
2. Jika Anda ingin berkomentar dengan menggunakan Nama dan URL Anda, silahkan pilih Name/URL
3. Jika Anda ingin berkomentar tanpa diketahui nama Anda, silahkan pilih Anonymous